Macam-macam majas

11 April 2009 at 9:49 PM 92 komentar

 

Majaadalah bahasa kias yang dipergunakan untuk menimbulkan

kesan imajinatif atau menciptakan efek-efek tertentu bagi pembaca atau

pendengarnya. Majas terdiri atas: 1). Majas Perbandingan; 2). Majas

pertentangan; 3). Majas sindiran; 4). Majas penegasan.

 

a. Majas perbandingan

Majas perbandingan terdiri atas tujuh bentuk berikut:

1) Asosiasi atau Perumpamaan

Majas asosiasi atau perumpamaan adalah perbandingan dua hal

yang pada hakikatnya berbeda, tetapi sengaja dianggap sama.

Majas ini ditandai oleh penggunaan kata bagai, bagaikan, seumpama,

seperti, dan laksana.

Contoh :

a) Semangatnya keras bagaikan baja.

b) Mukanya pucat bagai mayat.

2) Metafora

Majas metafora adalah majas perbandingan yang diungkapkan

secara singkat dan padat.

Contoh :

a) Dia dianggap anak emas majikannya.

b) Perpustakaan adalah gudang ilmu.

 

3) Personifikasi

Personifikasi adalah majas yang membandingkan benda-benda tak

bernyawa seolah-olah mempunyai sifat seperti manusia.

Contoh:

a) Badai mengamuk dan merobohkan rumah penduduk.

b) Ombak berkejar-kejaran ke tepi pantai.

4) Alegori

Alegori adalah majas perbandingan yang bertautan satu dan yang

lainnya dalam kesatuan yang utuh. Alegori biasanya berbentuk

cerita yang penuh dengan simbol-simbol bermuatan moral.

Contoh:

Cerita Kancil dengan Buaya dan Kancil dengan Burung Gagak.

5) Simbolik

Simbolik adalah majas yang melukiskan sesuatu dengan

mempergunakan benda-benda lain sebagai simbol atau lambang.

Contoh:

a) Bunglon, lambang orang yang tak berpendirian

b) Melati, lambang kesucian

c) Teratai, lambang pengabdian

6) Metonimia

Metonimia adalah majas yang menggunakan ciri atau lebel dari

sebuah benda untuk menggantikan benda tersebut.

Contoh:

a) Di kantongnya selalu terselib gudang garam. (maksudnya rokok

gudang garam)

b) Setiap pagi Ayah selalu menghirup kapal api. (maksudnya kopi

kapal api)

 

7) Sinekdokhe

Sinekdokhe adalah majas yang menyebutkan bagian untuk

menggantikan benda secara keseluruhan atau sebaliknya. Majas

sinekdokhe terdiri atas dua bentuk berikut.

a) Pars pro toto, yaitu menyebutkan sebagian untuk

keseluruhan.

Contoh:

(a) Hingga detik ini ia belum kelihatan batang hidungnya.

(b) Per kepala mendapat Rp. 300.000.

b) Totem pro parte, yaitu menyebutkan keseluruhan untuk

sebagian.

Contoh:

(a) Dalam pertandingan final bulu tangkis Rt.03 melawan Rt. 07.

(b) Indonesia akan memilih idolanya malam nanti.

b. Majas Sindiran

Majas sindiran terdiri atas ironi, sinisme, dan sarkasme.

 

1) Ironi

Ironi adalah majas yang menyatakan hal yang bertentangan dengan

maksud menyindir.

Contoh:

a) Ini baru siswa teladan, setiap hari pulang malam.

b) Bagus sekali tulisanmu sampai tidak dapat dibaca.

2) Sinisme

Sinisme adalah majas yang menyatakan sindiran secara langsung.

Contoh :

a) Perkataanmu tadi sangat menyebalkan, tidak pantas diucapkan

oleh orang terpelajar sepertimu.

b) Lama-lama aku bisa jadi gila melihat tingkah lakumu itu.

 

3) sarkasme

Sarkasme adalah majas sindiran yang paling kasar. Majas ini

biasanya diucapkan oleh orang yang sedang marah.

Contoh:

a) Mau muntah aku melihat wajahmu, pergi kamu!

b) Dasar kerbau dungu, kerja begini saja tidak becus!

 

c. Majas Penegasan

Majas penegasan terdiri atas tujuh bentuk berikut.

1) Pleonasme

Pleonasme adalah majas yang menggunakan kata-kata secara

berlebihan dengan maksud menegaskan arti suatu kata.

Contoh:

a) Semua siswa yang di atas agar segera turun ke bawah.

b) Mereka mendongak ke atas menyaksikan pertunjukan pesawat

tempur.

2) Repetisi

Repetisi adalah majas perulangan kata-kata sebagai penegasan.

Contoh:

a) Dialah yang kutunggu, dialah yang kunanti, dialah yang

kuharap.

b) Marilah kita sambut pahlawan kita, marilah kita sambut idola

kita, marilah kita sambut putra bangsa.

3) Paralelisme

Paralelisme adalah majas perulangan yang biasanya ada di dalam

puisi.

Contoh:

Cinta adalah pengertian

Cinta adalah kesetiaan

Cinta adalah rela berkorban

 

4) Tautologi

Tautologi adalah majas penegasan dengan mengulang beberapa kali

sebuah kata dalam sebuah kalimat dengan maksud menegaskan.

Kadang pengulangan itu menggunakan kata bersinonim.

Contoh:

a) Bukan, bukan, bukan itu maksudku. Aku hanya ingin bertukar

pikiran saja.

b) Seharusnya sebagai sahabat kita hidup rukun, akur, dan

bersaudara.

5) Klimaks

Klimaks adalah majas yang menyatakan beberapa hal berturutturut

dan makin lama makin meningkat.

Contoh:

a) Semua orang dari anak-anak, remaja, hingga orang tua ikut antri

minyak.

b) Ketua Rt, Rw, kepala desa, gubernur, bahkan presiden sekalipun

tak berhak mencampuri urusan pribadi seseorang.

6) Antiklimaks

Antiklimaks adalah majas yang menyatakan beberapa hal berturutturut

yang makin lama menurun.

a) Kepala sekolah, guru, dan siswa juga hadir dalam acara syukuran

itu.

b) Di kota dan desa hingga pelosok kampung semua orang merayakan

HUT RI ke -62.

7) Retorik

Retorik adalah majas yang berupa kalimat tanya namun tak

memerlukan jawaban. Tujuannya memberikan penegasan, sindiran,

atau menggugah.

Contoh:

a) Kata siapa cita-cita bisa didapat cukup dengan sekolah formal

saja?

 

b) Apakah ini orang yang selama ini kamu bangga-banggakan ?

d. Majas Pertentangan

Majas pertentangan terdiri atas empat bentuk berikut.

1) Antitesis

Antitesis adalah majas yang mempergunakan pasangan kata yang

berlawanan artinya.

Contoh:

a) Tua muda, besar kecil, ikut meramaikan festival itu.

b) Miskin kaya, cantik buruk sama saja di mata Tuhan.

2) Paradoks

Paradoks adalah majas yang mengandung pertentangan antara

pernyataan dan fakta yang ada.

Contoh;

a) Aku merasa sendirian di tengah kota Jakarta yang ramai ini.

b) Hatiku merintih di tengah hingar bingar pesta yang sedang

berlangsung ini.

3) Hiperbola

Majas hiperbola adalah majas yang berupa pernyataan berlebihan

dari kenyataannya dengan maksud memberikan kesan mendalam

atau meminta perhatian.

Contoh:

a) Suaranya menggelegar membelah angkasa.

b) Tubuhnya tinggal kulit pembalut tulang.

4) Litotes

Litotes adalah majas yang menyatakan sesuatu dengan cara

yang berlawanan dari kenyataannya dengan mengecilkan atau

menguranginya. Tujuannya untuk merendahkan diri.

Contoh:

a) Makanlah seadanya hanya dengan nasi dan air putih saja.

b) Mengapa kamu bertanya pada orang yang bodoh seperti saya

ini?

 

 

 

 

 

 

About these ads

Entry filed under: Materi Bahasa Indonesia. Tags: , , , , , , , , , , .

Alur, Penokohan, dan Latar Cerpen Bioteknologi

92 Komentar Add your own

  • 1. sadiz  |  24 April 2009 pukul 3:37 PM

    thx ya

    Balas
  • 2. hanna  |  7 Mei 2009 pukul 7:46 PM

    thanks bgt yaa…!!!

    kebantu bgt ue ma kumpulan-kumpulan majas drii loe.. :))

    Balas
    • 3. lila  |  22 Oktober 2009 pukul 9:57 PM

      bagus la. semoga dgn ngumpulin majas-majas usmkn sukses

      Balas
  • 4. willi putra  |  9 Mei 2009 pukul 7:41 PM

    Thanks juga hanna.

    Balas
  • 5. willi putra  |  9 Mei 2009 pukul 7:43 PM

    Thanks juga hanna,uda mampir.

    Balas
    • 6. dyiEv  |  28 Maret 2010 pukul 5:10 PM

      TRImz ya atas infromsix

      Balas
  • 7. wanti annurria  |  10 Mei 2009 pukul 4:32 PM

    jadi flash back pelajarn bhs indo zaman dahulu kala… :p
    (maklum angkatan tua)

    salam blogwalking,, :D

    Balas
  • 8. Kentung  |  21 Mei 2009 pukul 2:40 AM

    Makasih bngd y atas informasinya

    Balas
    • 9. willi putra  |  21 Mei 2009 pukul 6:30 AM

      sama-sama juga dan terimah kasih udah mau mampir

      Balas
  • 10. Eka  |  30 Juni 2009 pukul 12:48 AM

    Mkasi bgt ya!bsok tgs aq mau dkmpulin anlsis rtorika,ngebntu bgt..

    Balas
  • 11. bintang  |  4 Agustus 2009 pukul 9:46 PM

    wadunh jd berezz nih tgs dr gru suruh kmplin majas thanx banget yg buat ni blog!

    ^_@

    Balas
  • 12. Nurul  |  22 Agustus 2009 pukul 9:27 AM

    Thanks yua tas mtri majas”x,ngebntu bgt ne.

    Balas
  • 13. evelyn marris  |  1 September 2009 pukul 7:16 PM

    eh.gila ni makasih banget ya…
    aku jd kebantu lho ngrjain pr bi tentang majas2…
    hahahahahaahaha
    makasi ya,,

    kebantu banget lho,,
    bnyakin kya gini lgi yah,,
    hehhehe

    Balas
  • 14. stainless tanks  |  1 Oktober 2009 pukul 1:46 PM

    Duh jd inget sama guru B. Indo yang kiler abis waktu di SMA..

    Balas
  • 15. rian  |  18 Oktober 2009 pukul 6:06 AM

    hello

    Balas
  • 16. mega  |  27 Oktober 2009 pukul 12:30 PM

    tLong donk majas nya diperlengkap…
    aq da tugas cari majas ne….

    Balas
    • 17. willi putra  |  27 Oktober 2009 pukul 10:45 PM

      Nanti akan di perbanyak lagi, terima kasih atas usulnya

      Balas
  • 18. aim  |  2 November 2009 pukul 1:10 AM

    waah.. sangat lengkap . dan sangat membantu saya . terima kasih banyak .

    Balas
  • 19. meila  |  12 November 2009 pukul 10:58 AM

    makasih ya………

    membantu banget nich…..

    Balas
  • 20. Musa  |  15 November 2009 pukul 7:34 PM

    Tank U, dngan ini Q jadi bsa bljar bwat ulangn bsok . . ,:-o

    Balas
  • 21. vheea  |  23 November 2009 pukul 5:21 PM

    thanks bgt ya……

    Balas
  • 22. Dedyarza  |  23 November 2009 pukul 8:59 PM

    Kurang lngkap man !!!!

    PR q jdi gag ykin nhi .

    Balas
  • 23. Dedyarza  |  23 November 2009 pukul 9:01 PM

    Seharus na da 63 Majas man !!!!

    Balas
  • 24. Ero_Pradolly  |  29 November 2009 pukul 1:30 PM

    terima kasih banyak atas contoh2 majasnya, tapi masih kurang masing2 3 contoh lagi T_T
    nggak apa2 deh, udh dpt 2 contoh lumayanlah….. : )

    Balas
  • 25. Fatma  |  2 Desember 2009 pukul 9:56 AM

    ThankZ yaA…

    Balas
  • 26. Derry raspati  |  6 Desember 2009 pukul 10:08 PM

    Thx yaa ..
    Ngebantu bgt u/ review Try Out ..

    Balas
  • 27. Yenny  |  7 Desember 2009 pukul 8:11 PM

    Mkcy yE taZ majasnyA,, jd gX rpOt nY ngErjain tUgaS

    Balas
    • 28. dhiDUT  |  25 September 2010 pukul 2:42 PM

      ADUH jadi ter bantu ne

      Balas
  • 29. agnez  |  9 Desember 2009 pukul 12:36 PM

    Wah thx bgd yachch. We jdi bsa ngrjain peer bindd nigh. Tpy mhsi kurank lenkaph nigh

    Balas
  • 30. farah  |  9 Desember 2009 pukul 10:33 PM

    thx bgt y sgt membantu .. :)

    Balas
  • 31. ucok  |  12 Desember 2009 pukul 1:34 PM

    makasih ya dah sudi bantu kami

    Balas
  • 32. xxxxxxxx  |  13 Desember 2009 pukul 6:46 PM

    thx ya

    Balas
    • 33. willi putra  |  14 Desember 2009 pukul 8:25 PM

      sama-sama

      Balas
  • 34. wening  |  18 Januari 2010 pukul 11:34 AM

    uyhui,,,,,
    bagus banget,,,

    Balas
  • 35. kevin ^^  |  1 Februari 2010 pukul 7:53 PM

    Thx Banget bwat tag materi majas²na…^^
    gw jadi kebantu bwat cari materi Majas..
    hehehehehe….1000000000x

    Balas
  • 36. putri  |  3 Februari 2010 pukul 11:30 AM

    thanx yya uda bantu, lgi presentasi . ol lgsg dapt info dri sni . sangat2 trimakasih.

    Balas
  • 37. hermantea  |  3 Februari 2010 pukul 12:01 PM

    nice …
    makasih ya buat artikelnya

    Balas
  • 38. sardina  |  14 Februari 2010 pukul 4:41 PM

    terima kasih ya atas majas nya tapi krg lkp jadi pr q gak siap deh cape dehhhhhhhhh!!!!!!

    Balas
  • 39. vanny  |  2 Maret 2010 pukul 6:58 PM

    aaaaaddddduuuwwwww makacieeehhhh baanyak eeewwww b su dpt pr tentang macam-macam majas niiieeeehhhh????????sekali lagi mmmmmaaaaaakkkkkaaaaaacccciiiiiiieeeeeehhhhhhhhh yyyyeeeeehhhhhhh bbbbaaannnnyyyyyyaaaaakkkkk-bbbbbbaaaaaaaaaaannnnnyyyyyaaaaakkkk??????????????????

    Balas
  • 40. aam  |  11 Maret 2010 pukul 7:44 PM

    ini sangat membantu saya mengerjakan tugas….
    heheheeeeeee

    Balas
  • 41. tatank f.u  |  17 Maret 2010 pukul 9:26 PM

    Brguna bngt bwt gw..Coz’y lengkap dgn contoh’y jd gw bsa meresapi. Dan Doa’in yh UN angkatan 2010.. Lulus semua..
    Amien…

    Balas
  • 42. luk  |  22 Maret 2010 pukul 12:05 AM

    thx..

    sangat membantu buat UAN.. hehe

    Balas
  • 43. tika  |  28 Maret 2010 pukul 10:14 PM

    thank tuk majas lengkpx jd smngt bljr hadapi UNas dech…..*_*

    Balas
  • 44. YeRicHa. .  |  23 April 2010 pukul 9:56 AM

    MkaCieh bnyg eah ataz bhand.na. .
    .
    Brkat ney tGazqw bz kelar mua. .
    .
    Ckalie agy mkaCieh bnyg. .

    Balas
  • 45. daNiey cwe abiez  |  30 April 2010 pukul 3:56 PM

    tHankz yaw….jd kbantu ngrjain PR dri guru gW…

    Balas
  • 46. yusuf  |  12 Mei 2010 pukul 5:08 PM

    thanks ya….. da bantu ngrjain pr

    Balas
  • 47. intan  |  16 Mei 2010 pukul 8:34 PM

    makasii yaa . .tugasku ampir slesei . .:)
    tinggal 1majas lagi . .majas SIMILE . .contoh majasnyaa gimanaa yaa ??

    Balas
  • 48. arumnaruto  |  20 Juni 2010 pukul 7:25 PM

    terimakasihhhh!

    Balas
  • 49. hery  |  29 Juli 2010 pukul 10:25 PM

    thanks ats bantuan nya……

    Balas
  • 50. gondank  |  16 Agustus 2010 pukul 5:14 PM

    baguzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

    Balas
  • 51. yogi prawira  |  16 Agustus 2010 pukul 6:05 PM

    makasih ea majaznya…..nie sngat mmbantu ugaz saya

    Balas
  • 52. dhiDUT  |  25 September 2010 pukul 2:43 PM

    legaaa

    Balas
  • 53. jakobus  |  4 November 2010 pukul 12:21 AM

    thankz y bro…..
    membantu gw banget menyelesaikan makalah gw…..
    skali lagi thankz y..

    Balas
  • 54. citra  |  25 November 2010 pukul 9:25 PM

    thanx majas nya

    Balas
  • 55. Mimut  |  8 Desember 2010 pukul 10:27 AM

    wah.. mkasih ea,,…
    tugas Q jd kebantu!!!

    Balas
  • 56. rekha  |  15 Januari 2011 pukul 12:55 AM

    makasiii yaa …
    Ini sangat membantu saya mengerjakan tugas :)

    Balas
  • 57. Apria  |  20 Januari 2011 pukul 11:03 PM

    Thx yach , ..
    Aq jdi ngrti ttg majas*.
    Blogny ngebntu bngdt, .

    Balas
  • 58. pilp  |  27 Januari 2011 pukul 9:04 PM

    lucu, kren, sgat brmanfaat
    tx ya

    Balas
  • 59. Mutiara Tri R.  |  17 Februari 2011 pukul 7:35 PM

    makasih ya .

    tugas dari guru aku jadi kebantu bisa ngelesainya.

    sekali lagi makasih ya bila perlu buatin lagi dong dan di tambahi majas2 yang lainnya ya :)

    Balas
  • 60. arli  |  22 Februari 2011 pukul 9:52 PM

    sangat membantu….terima kasih

    Balas
  • 61. diah padmiani  |  14 Maret 2011 pukul 4:53 PM

    lengkap…pengen dong bergabung

    Balas
  • 62. diah padmiani  |  14 Maret 2011 pukul 5:10 PM

    lengkap,terima kasih sudah membantu…

    Balas
  • 63. reza  |  20 Maret 2011 pukul 5:49 PM

    singkat, padat, jelas dan menggunakan contoh. saya suka ..
    thanks yo

    Balas
  • 64. aeriants  |  13 April 2011 pukul 4:11 PM

    thanks gan infonya . . .

    Balas
  • 65. Anggi  |  17 April 2011 pukul 5:13 PM

    Thx ya ..!!

    Balas
  • 66. Adjie pratama  |  18 April 2011 pukul 10:30 PM

    Saya suka , Dengan berbagai kumpulan ,,, majas yg u kasiiih ,,,, Thankss yOOO…

    Balas
  • 67. akudisini  |  27 Mei 2011 pukul 12:22 AM

    alhamdulillah ketemu juga majas yg lengkap
    makasih banget ya…
    ini bener” ngebantu banget loh, makasih ya kk

    Balas
  • 68. Rati Yulyana Putri  |  23 Agustus 2011 pukul 1:43 PM

    terimakasih ya , infonya bener bener ngebantu banget , keren lah :D

    Balas
  • 69. Tarrycientadiia Clmanyahnyingienddiia Daningiendbrsmdiia  |  6 Oktober 2011 pukul 4:47 PM

    mksih infrmsi ny … :)

    Balas
  • 70. BeeMecca  |  10 Oktober 2011 pukul 9:30 PM

    makasiiiii Infonya :*

    Balas
  • 71. Wiedya Maede  |  20 Oktober 2011 pukul 6:21 PM

    thx bny :D

    Balas
  • 72. ibuel  |  30 Oktober 2011 pukul 12:43 PM

    gomao bngt…………..

    Balas
  • 73. Siti Rahmah  |  30 Oktober 2011 pukul 10:04 PM

    kalw mengobarkan semangat itu majas apa ya???
    dan juara umum karenanya…….
    bantu dunk……..>.<

    Balas
  • 74. muhammad darul ulum  |  4 November 2011 pukul 3:50 PM

    terima kasih atas artikelnya tentang majas…. ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas sekolah…. thank’s

    Balas
  • 75. amy  |  12 November 2011 pukul 12:11 PM

    thanks bnget bot lo dac jlsin materi ne

    Balas
  • 76. rista  |  15 November 2011 pukul 4:16 PM

    thanks ,,,

    Balas
  • 77. canny panjaitan  |  16 November 2011 pukul 9:18 PM

    mksih yaaa.. :D
    akhirnya tgas sy slesai…

    Balas
  • 78. Sipo Manja  |  22 November 2011 pukul 12:07 AM

    bagus , background blog nya unyu wkwk . tapi sayang , contoh nya kurang banyak u,u

    Balas
  • 79. Silvi  |  4 Desember 2011 pukul 8:00 PM

    Abcdefghijkl

    Balas
  • 80. Tiwi  |  13 Januari 2012 pukul 10:13 PM

    :-)

    Balas
  • 81. alvin  |  20 Januari 2012 pukul 1:59 PM

    guns majas tropennya ko’ gka d …?

    Balas
  • 82. Mutiara Seroja (@mutya407)  |  7 Februari 2012 pukul 12:40 AM

    kok majas Eufenisme gak ada ya ????

    Balas
  • 83. Rhezty  |  9 Februari 2012 pukul 8:55 PM

    makasih infonha tentang majas..
    jadi selesai tugas sekolah makasih bnyak ea… :P :) :D

    Balas
  • 84. nanda  |  12 Februari 2012 pukul 10:37 PM

    makasih yy atas informasi nya ,
    akhirny tugas sekolah saya bisa selesai ,

    Balas
  • 85. rizki siwi wulandari  |  5 Maret 2012 pukul 12:16 AM

    kerendt !!!!!!!

    Balas
  • 86. arna  |  15 Maret 2012 pukul 9:25 PM

    ayik na,,
    jd sa belajar yg prktis sperti ni,,
    tq

    Balas
  • 87. delicia martha  |  19 Maret 2012 pukul 2:10 PM

    keren , smuanya lengkap disini

    Balas
  • 88. viq  |  27 Juni 2012 pukul 11:42 PM

    mantap……

    Balas
  • 89. ryan perdana putra  |  15 Juli 2012 pukul 9:49 PM

    dengan gw sudah membaca dn mempelajari smua majas yg ada di blog ini mudh2an gw besok tes bs mngerjkan dn lancar, yg pling pnting bs ktrima. Amin.

    Balas
    • 90. Willi Putra  |  17 Juli 2012 pukul 12:06 AM

      Ryan : Sukses buat tesnya Ryan :)

      Balas
  • 91. graceroom  |  3 Agustus 2012 pukul 6:21 PM

    makasih banget dengan blognya.. membantu banget

    Balas
  • 92. welly  |  14 November 2012 pukul 9:40 PM

    majas nya kurang lengkap eeee….tlong dilengkapin donk

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


KEBANGGAANKU

BLOG SAYA YANG LAIN

Klik tertinggi

    winaraku pesan

    TERIMA KASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI

    KATA BIJAK HARI INI

    "Kerja keras dalam melakukan hal yang keliru, meski Anda melakukannya dengan sangat baik, tidak akan memberikan banyak kesuksesan dan kegembiraan dalam hidup ini."

    winaraku Stats

    • 422,416 hits
    April 2009
    S S R K J S M
        Mei »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  

    RSS YAHOO NEWS

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    RSS infogue.com

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    ONLINE

    ANDA MENGGUNAKAN

    IP
    free counters

    my twitter


    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: